Komputer

Cara Mudah Membuat Kinerja Windows 10 Lebih Cepat

ebnastudio.com – Windows 10 merupakan sistem operasi (OS) yang saat ini digunakan pada banyak pengguna komputer maupun laptop. Jika telah memperbaharuinya atau update secara rutin, Anda pasti sudah merasakan kualitas performa sistem operasi besutan Microsoft ini, ada perubahan lebih cepat dari sistem operasi (OS) pendahulunya. Tapi, pernahkan Anda mengalami perangkat komputer atau laptop menjadi lebih lemot secara tiba-tiba? Jika iya, Anda tidak sendirian bila mengalami masalah seperti ini.

Untuk membuat performa komputer atau laptop Windows 10 berjalan lebih cepat dan ringan, ebnastudio.com tahu caranya! Luangkan waktu Anda beberapa menit untuk mencoba tips ini dan lihat sendiri kalau performanya akan Menjadi lebih cepat dan anti lemot!

Mempercepat prosesor ( CPU ) 

Windows 10 memiliki tiga pengaturan standar untuk pengaturan power prosesor, yaitu Balanced, High Performance, dan Power Saver. Jika kamu menggunakan Power Saver di Windows 10, maka hal ini dapat membuat komputer atau laptop Anda berjalan lambat karna, windows 10 Anda berjalan dengan mode irit daya. Untuk mengubahnya dari Power Saver menjadi High Performance atau Balance justru dapat membuat Windows menjadi lebih cepat karna mode ini meempergunakan daya power yg lebih tinggi hingga kinerja komputer atau laptop anda berjalan lebih powerful, cepat dan anti lemot.

Untuk mengubah pengaturan power pada komputer dan laptop anda, masuklah ke Control Panel, lalu pilih Hardware and Sound dan klik Power Options. Anda nantinya akan melihat dua pilihan, yaitu Balanced (recommended) dan Power Saver. Untuk melihat setting High Performance, klik tanda panah Show Additional Plans.

Matikan program yang tidak perlu (tidak digunakan)

Salah satu alasan komputer atau laptop Windows 10 terasa lelet adalah terlalu banyak program/aplikasi yang berjalan di background windows 10. Biasanya, program-program tersebut tidak pernah anda gunakan atau jarang digunakan. Maka dari itu, mematikan program/aplikasi tersebut dengan menggunakan Task Manager.

windows 10 task manager

Tekan “Ctrl + Shift + Esc” atau klik pojok kanan bawah layar dan pilih Task Manager. Klik More Details untuk mengakses Task Manager lebih lengkap, lalu pilih tab Startup. Di sini anda akan melihat daftar program yang bekerja pada saat startup. klik kanan dan pilih Disable pada program yang sekiranya menurut anda tidak begitu penting.

Nonaktifkan penggunaan shadow, animasi, dan efek khusus Pada Windows 10

Windows 10 memiliki tampilan yang lebih bagus, Ui yang Flat dan jika di lihat sangat berbeda jika dibandingkan dengan seri Windows sebelumnya. Masalahnya, penggunaan banyak pengaturan visual efek dapat mempengaruhi kinerja sistem operasi , terutama bagi anda yang menggunakan komputer maupun laptop seri lama/model lama dengan spesifikasi biasa-biasa saja. Maka dari itu, anda harus meminimalisir penggunaannya dengan cara ketik “sysdm.cpl” pada kotak pencarian Windows 10, lalu Enter.

Nantinya akan muncul windows dialog System Properties, lalu klik tab Advanced dan klik Setting di bagian Performance untuk membawa anda melihat berbagai daftar shadow, animasi, dan efek khusus. Untuk menonaktifkan semua visual efek, pilih Adjust For the Best Performance di bagian atas layar dan klik OK. Windows 10 kemudian centang shadow, animasi dan efek khusus yang memperlambat sistem komputer dan laptop anda.

Matikan search index

Terkadang faktor terbesar yang memperlambat kinerja komputer dan laptop bukanlah Windows 10, melainkan bloatware atau adware yang terinstal dalam komputer dan laptop anda secara default. Selain membuat performa komputer/laptop menjadi lemot, hardisk (HDD) juga menjadi penuh karena penuh dengan software/aplikasi yang tidak diinginkan. Untungnya, Anda bisa uninstall program secara manual dengan cara  klik kanan dari menu Start, pilih Control Panel. Kemudian klik Program dan klik Uninstall A Program.

Cara lainnya, Anda bisa membersihkan adware atau bloatware menggunakan tool seperti Norton Security atau McAfee LiveSafe, atau memakai aplikasi anti-malware bawaan dari Windows 10 window scurity yang terbukti sangat ampuh memberantas adware atau bloatwareSoftware tersebut secara otomatis akan menampilkan daftar aplikasi yang menganggu dan Anda bisa memilih yang ingin di buang atau – uninstall. Itulah tips yang bisa Anda coba untuk mempercepat kinerja Windows 10 di perangkat kesayangan kamu.

Bagai mana cukup mudah bukan? Intinya anda tidak sembarangan download aplikasi-aplikasi yang tidak di inginkan terutama yang gartisan maupun software/aplikasi bajakan, karna biasanya sumber masalah pada windows adalah banyaknya bloatwaare dan adware yang mudah di buat pada platform windows. Demi meraup untung para pencari dollar di internet menggunakan segala cara contoh salah satunya ya itu tadi, bloatware dan adware yang membuat kinerja windows 10 kita menjadi lemot. Jadi hati-hati saja bila kita sedang menjelajahi internet. Sekian dan terima kasih

 

Tagged

About Eka Bayu Nursigit

Nama saya Eka Bayu Nur Sigit, saya yang memiliki hobby menulis dan menggambar art style, saya berumur 30 thn , memiliki impian yang sederhana , membahagiakan keluarga dan menjaga mereka, namun impian yang paling utama bagi saya adalah, membuat semua keluarga saya menyukai membaca karna, membaca membuat pikiran terbuka akan luasnya dunia.
View all posts by Eka Bayu Nursigit →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *