Keluarga

Haruskah Saya Menggendong anak saya ketika dia menangis?

Menangis merupakan cara bayi berkomunikasi. Terutama pada bulan-bulan pertama, seorang anak menangis ketia dia sedang lapar, dingin, basah, lelah, atau ingin digendong dan di ajak bermain.

Antara enam sampai sembilan bulan, dia akan menangis-terutama dimalam hari – karna dia menganggap bahwa orang tua tidak ada jika di malam hari. Dia memhami dunia sebagai sesuatu yang menyenangkan atau tidak memberikan kenyamanan; ketika keinginanya terpenuhi dia akan merasa senang dan jika tidak terpenuhi dia akan sedih dan menangis.

Banyak Orang tua yang heran dan bingung bagaimana mereka harus bersikap jika anaknya sedang menangis.

Jika orang tua menggendongnya setiap kali dia menangis, akankah dia semakin banyak tuntutan? Ataukah hal ini akan memberinya peluang untuk menjadi manja? Para orang tua yang ingin mengikuti instink mereka dan merespon tangisan anak mereka sering kali mereka merasa bingung dengan perkataan orang-orang yang mengatakan, “jangan gendong dia, karna hal itu hanya akan menjadikanya maja,” “biarkan dia menangis, karna justru itu akan bagus bagi paru-parunya,” atau “karna tidak mungkin Anda menemaninya terus”.

Namun kenyataanya yang terungkap adalah bahwa menggendong anak Anda ketika dia sedang menangis tidak akan menjadikanya manja. Malah hal itu akan membantunya mengembangkan rasa aman yang akan menjadikannya jarang menangis pada waktu yang lama. Bayi yang tangisanya mampu mendatangkan respon, akan mulai mengantisipasi bahwa kapanpun dia menangis, akan ada orang yang meresponya

Koneksi sebab akibat ini akan menjadikan anak Anda merasa aman dan perasaan nyaman akan mengajarinya untuk mempercayai orang tuanya. Belajar untuk percaya merupakan bagian penting bagi perkembangan awal anak-anak. Jika orang tuanya tidak pernah merespon tangisanya, atau merespon secara tidak diduga, maka dengan cepat dia akan merasa bahwa tidak ada banyak hal yang bisa dia lakukan untuk mempengaruhi lingkungan di sekitarnya. Dalam situasi semacam ini, akan tumbuh dalam dirinya perasaan untuk tidak mempercayai siapapun yang ada di sekitarnya.

Menenangkan anak yang sedang menangis merupakan hal yang penting, namun tidak jarang hal itu sulit dilakukan, terutama jika dia sering menangis pada jam-jam sibuk.

Jika Anda menemukan bahwa anak Anda membutuhkan banyak perhatian di siang hari, maka Anda mungkin membutuhkan selendang untuk menggendong anak Anda, sehingga Anda tidak perlu memegangnya ketika Anda melakukan aktivitas yang lain. Kontak dan gerakan yang terus menerus akan sangat menyenangkan bagi seorang anak.

Jika anak seringkali menangis di malam hari, Anda mungkin akan merasa frustasi dan tidak tahu bagaimana menghentikanya. Mungkin instink alami Anda mengatakan untuk menggendongnya, namun Anda mungkin sangat Capek sehingga Anda tidak melakukanya. Dokter anak Anda mungkin akan menyarankan kepada Anda untuk membiarkanya jika dia menangis di malam hari. terutama ketika anak Anda sudah berusia tiga bulan.

Banyak orang yang menyarankan agar orang tua membiarkan anaknya yang sedang menangis dengan harapan agar dia belajar tidur di malam hari. Sebuah teori mengatakan bahwa para orang tua menolak untuk menenangkan atau menyusui anaknya pada malam hari, maka dia akan berhenti menangis setelah dua puluh menit sampai satu jam kemudian dia akan tidur kembali. Setelah mengalami hal ini selama berhari-hari atau berminggu-minggu secara rutin, maka untuk berikutnya dia tiak akan pernah bangun pada malam hari.

Meskipun prospek tidur sore yang tidak terganggu mungkin akan menarik bagi Anda, namun jika Anda menenangkan bayi Anda ketika dia sedang menangis, maka Anda sama dengan memberitahukan kepada dia bahwa bisa bergantung pada Anda, bahwa dia sangat berarti, dan juga bahwa Anda peduli untuk memenuhi kebutuhnaya. Oleh karna itu, jika dia menangis, maka gendong dan tenangkan dia, dengan demikian Anda memberikan rasa aman dan landasan untuk mengembangkan kepercayaan di dunianya.

Tagged

About Eka Bayu Nursigit

Nama saya Eka Bayu Nur Sigit, saya yang memiliki hobby menulis dan menggambar art style, saya berumur 30 thn , memiliki impian yang sederhana , membahagiakan keluarga dan menjaga mereka, namun impian yang paling utama bagi saya adalah, membuat semua keluarga saya menyukai membaca karna, membaca membuat pikiran terbuka akan luasnya dunia.
View all posts by Eka Bayu Nursigit →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *