Diary

Pengetahuan adalah Sumber yang luar Biasa

sumber penciptaan nilai yang paling utama dewasa ini adalah pengetahuan. Karna, tidak ada apa pun yang dapat membatasi jumlah pengetahuan yang bisa Anda peroleh. Tidak akan ada apa pun yang dapat membatasi jumlah nilai yang Anda ciptakan. Anda dapat memulai prosesnya dari mana pun Anda berada sekarang ini, apapun latar belakang Anda maka mulailah meningkatkan aset-aset mental Anda. Mulailah meningkatkan kemampuan Anda. Untuk berprestasi dan mendapatkan hasil keluaran yang kemudian laku di jual.

Sisi terbaik mengenal pengetahuan yakni pengetahuan dapat diproduksi kembali sebanyak ratusan ribu, bahkan jutaan kali tanpa kehilangan nilai sama sekali. Inilah satu-satunya komoditas yang jumlah aplikasinya benar-benar tak terbatas. Jika Anda atau orang lain tiba-tiba memiliki sebuah ide baru untuk melakukan sesuatu dengan lebih cepat atau lebih baik, ide tersebut dengan segera dapat menyebar ke berjuta-juta orang lain yang juga menggunakannya untuk meningkatkan kehidupan dan pekerjaan mereka. Namun, Anda tidak akan kehilangan apa-apa. Nilai orisinal ide tersebut masih terletak pada Anda. yang benar-benar luar biasa.

Sisi terbaik mengenai pengetahuan yakni pengetahuan dapat di produksi kembali sebanyak ratusan ribu, bahkan jutaan kali tanpa kehilangan nilai sama sekali. Ini satu-satunya komoditas yang jumlah aolikasinya benar-benar tak terbatas

Sebaliknya, pada zaman sekarang, tidak mungkin rasanya seseorang mengetahui segala sesuatu, bahkan untuk satu subjek kecil sekaalipun. Cobalah Anda lihat ilmu kedokteran modern. Ada banyak sekali orang pintar yang menghabiskan seluruh hidup mereka untuk mempelajari bagian dalam telinga, batang tenggorokan, atay organ-organ tubuh  yang lain. Dan, meskipun kaum profesional yang sangat pandai dan berdedikasi tinggi ini menghabiskan seluruh karier mereka menspesialisasikan diri dalam satu bagian tertentu dari tubuh dari kita, mereka tidak akan pernah dapaat mempelajari segala sesuatu untuk diketahui, bahkan untuk satu organ sekalipun.

Kadang-kadang, saya suka bertanya kepada para pendengar saya, “apakah ada diantara Anda yang sok tahu?” Tentu saja, tidak ada yang pernah mengangkat tangan mereka. Lalu, saya menjelaskan kepada mereka apa yang saya maksud dengan sok tahu.

Seseorang yang sok tahu adalah seseorang yang merasa bahwa dirinya tahu segala yang perlu dia ketahui tentang satu subjek tertentu. Bagaimana Anda bisa tahu kalau Anda ternyata sudah menjadi seorang yang sok tahu? Mudah saja. Anda pasti sudah berhenti belajar dan di dalam area spesialisasi Anda, Anda telah berhenti membaca, mendengarkan program-program audio, ataupun mengikuti berbagai kursus.

Kenyataan bahwa Anda tidak lagi secara teratur menambah pengetahuan Anda dalam bidang Anda itulah yang menunjukan bahwa secara tidak sadar dan tidak sengaja Anda telah terjerumus ke dalam inteligensi yang banyak menjerat mereka-mereka yang berprestasi. Anda terasa sudah menjadi sesorang yang sok tahu dengan tindakan Anda yang tidak lagi meneruskan pembelajaran pertumbuhan Anda.

Ada sebuah cerita menarik yang dapat kita ambil sebuah intisari. Setelah memberikan ujian tingkat tinggi pada sebuah kelas pascasarjana jurusan fisika di Princeton University, Albert Einstein sedang berjalan kembali ke ruang kantornya ketika salah seorang asistennya bertanya kepada sang profesor yang terkenal itu, “Dr. Einstein, bukankah Anda tadi memberikan soal-soal ujian yang sama dengan Anda berikan untuk ujian tahun lalu?”

Dr. Einstein menganggukan kepalanya dan berkata, “ya, soal-nya memang sama dengan soal tahun lalu”

sang asisten mengumpulkan segenap keberaniannya untuk bertanya lebih lanjut kepada sang ahli fisika peraih nobel itu, “tetapi, Dr. Einstein, mengapa Anda memberikan soal yang persis sama dengan tahun sebelumnya secara berturut-turut?”

“karna,” Jawab Einstein, “selama setahun ini, jawaban untuk soal itu sudah berubah.”

Begitulah yang terjadi, jawaban-jawaban Anda sekarang ini berubah dengan sangat cepat, jauh lebih cepat daripada sebelumnya, Jawaban-jawaban yang muncul dalam permasalahan pada bidang-bidang Anda juga berubah ketika Anda sedang duduk di tempat Anda sekarang ini, Sesuatu yang dianggap benar setahun yang lalu belum tentu benar.

Setahu dari sekarang. Satu-satunya cara agar Anda yakin bahwa Anda selalu yang terbaik dalam bidang Anda adalah dengan senantiasa mencari tahu tentang berbagai pemikiran dan pengetahuan baru, serta membandingkannya dengan apa yang Anda ketahui hari ini.

Satu-satunya cara agar Anda yakin bahwa Anda selalu yang terbaik dalam bidang Anda adalah dengan senantiasa mencari tahu tentang berbagai pemikiran dan pengetahuan baru, serta membandingkannya dengan apa yang Anda ketahui hari ini.

Peter Druker, dalam bukunya yang berjudul innovation and Entre-preneurship (Harper-business, 1985), Menuliskan bahwa terobosan bisnis paling besar yang selama ini pernah terjadi biasanya adalah akibat “keberhasilam yang tak disangka-sanga ataupun kegagalan yang tidak diduga-duga” Dia menjelaskan bahwa ketika sesuatu yang tidak biasa atau tidak diharapkan tiba-tiba terjadi, apapun bidangnya, kebanyakan orang akan dengan segera menganggap itu sebagai satu kebetulan atau kecelakaan belaka.

Meskipun demikian, orang hebat akan mempelajari setiap hasil yang tak terduga ini seolah-olah merupakan tanta akan terdapatnya sebuah tren atau sebagai indikasi adanya perubahan yang fundamental dalam sifat dasar sesuatu.

Ketika sebuah eksperimen yang mengembangbiakakkan sejenis bakteri tertentu gagal karna sejenis jamur telah menjangkiti labortorium itu hingga ke cawan petri dan membunuh semua bakteri yang ada, seorang asisten laboratorium langsung berniat membuang semua bakteri yang telah mati tersebut. Namun, ahli ilmu bakteri yang sedang bekerja di sana, Alexander Fleming, timbul rasa ingin tahunya akan jamur yang begitu dahsyat sehingga dapat membunuh bakteri-bakteri yang kuat itu.

Penelitian yang dia lakukan kemudian membawanya menuju penemuan dan pengembangan penisilin, yang kemudian mampu menyelamatkan jutaan nyawa dalam perang Dunia II dan membawanya meraih Nobel sekaligus menjadikannya seorang pahlawan.

About Eka Bayu Nursigit

Nama saya Eka Bayu Nur Sigit, saya yang memiliki hobby menulis dan menggambar art style, saya berumur 30 thn , memiliki impian yang sederhana , membahagiakan keluarga dan menjaga mereka, namun impian yang paling utama bagi saya adalah, membuat semua keluarga saya menyukai membaca karna, membaca membuat pikiran terbuka akan luasnya dunia.
View all posts by Eka Bayu Nursigit →

Leave a Reply