Diary

Jadilah Diri Sendiri

Ada sebuah aturan yang telah saya pelajari dari pengalaman masa lalu, yaitu jangan melakukan sesuatu atau batal melakukan sesuatu hanya karna Anda mempertimbangkan apa yang kira-kira dipikirkan orang tentang Anda. Karna pada kenyataanya, tidak ada se-orang pun yang memikirkan Anda.

Vector pop art illustration of a brutal bearded man, macho with tatoo

Karna pada kenyataanya, tidak ada se-orang pun yang memikirkan Anda, Tentu saja saja, saya tidak sedang membicarakan prilaku-prilaku kriminal dan antisosial. hanya saja, saya sungguh sangat takjub melihat begitu banyak orang yang memutuskan untuk terlibat atau tidak terlibat dalam satu hubungan dengan lawan jenis, hubungan bisnis, usaha baru, petualangan, dan yang lainya hanya karna takut bahwa orang lain mugkin akan tidak menyetujuinya.

Mereka tetap saja berada di satu ikatan perkawinan yang tidak membahgiakan, mereka tetap saja mengerjakan pekerjaan yang mereka benci, atau mereka selalu menolak sebuah peluang bisnis hanya karna takut bahwa sesorang – siapa pun dia- akan mengkritik mereka. Padahal, kenyataanya tidak seorang pun yang lebih peduli tentang keputusan-keputusan kunci dalam hidup Anda daipada Anda sendiri. Oleh karna itu, rencanakan segala sesuatunya dengan baik.

Jangan pernah melakukan sesuatu atau batal melakukan sesuatu hanya Anda karna mempertimbangkan apa yang kira-kira di pikirkan orang tentang Anda. Karna pada kenyataanya, tidak ada seorang pun yang memikirkan Anda

Dalam penelitian yang di lakukan oleh Abraham Maslow tentang orang-orang yang telah melakukan aktualisasi diri, yaitu 1 atau 2 persen pria dan wanita yang benar-benar sudah dewasa dan benar-benar berfungsi sebagai seorang dewasa, ditemukan satu sifat yang dimiliki oleh semua respondennya : Mereka semua bersikap sangat jujur terhadap diri mereka sendiri. Mereka selalu objektif dan jelas terhadap kekuatan dan kelemahan mereka. Mereka tidak berharap atau berpura-pura bahwa mereka adalah orang lain. Sikap menerima diri sendiri ini adalah batu Fondasi selfesteem dan self-respect mereka.

Vector illustration cosmonaut

Karena mereka tahu persis siapa diri mereka dan siapa yang bukan diri mereka, meeka tidak merasa bahwa mereka perlu terus-menerus berusaha memperoleh pengakuan orang lain. Mereka mendengarkan dan mempertimbangkan pendapat orang lain, tetapi mereka akan selalu mengambil keputusan mereka sendiri. Mereka tidak terlalu terpengaruh oleh kemungkinan apakah orang lain akan menyetujui atau tidak menyetujui tindakan mereka.

Anda pun harus melakukan yang sperti itu. Anda adalah satu-satunya orang yang paling peduli dan paling terpengaruh atas keputusan Anda, apa pun itu.

About Eka Bayu Nursigit

Nama saya Eka Bayu Nur Sigit, saya yang memiliki hobby menulis dan menggambar art style, saya berumur 30 thn , memiliki impian yang sederhana , membahagiakan keluarga dan menjaga mereka, namun impian yang paling utama bagi saya adalah, membuat semua keluarga saya menyukai membaca karna, membaca membuat pikiran terbuka akan luasnya dunia.
View all posts by Eka Bayu Nursigit →

3 thoughts on “Jadilah Diri Sendiri

  1. Tapi tak salah juga kalau kita mempertimbangkan pendapat orang lain, selama orang yang kita dengar itu memang berpengalaman atau lebih ahli di bidangnya. Tapi tetap keputusan harus berdasarkan kemauan dan kemampuan diri sendiri, bukan karena pikiran orang lain. 😊

    1. kebanyakan orang, melakukan sesuatu itu memninta pendapat keluarga terdekat kita, kadang keluarga bisa memnbuat kita tidak berkembang karna stigma dari mereka.

      1. Benar. Kadang kita hanya butuh bercerita, dan memang paling nyaman bercerita dengan orang terdekat atau keluarga. Ditampung aja kalau mereka kasih saran. Jangan diambil pusing apalagi sampai bertengkar 😂
        Tapi balik lagi keputusan harus dari diri sendiri kan 😄

Leave a Reply